Your Ad here ...



Product ...

Services ...

Other things ...

<$BlogDateHeaderDate$>
MEDIA PEMBELAJARAN

MEDIA PEMBELAJARAN


  1. PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media secara harfiah memiliki arti “perantara” atau pengantar. Menurut Education Association, media merupakan benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas program instruksional.

Media merupakan alat yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemajuan audiens (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar yang aktif, efisien, efektif dan menyenangkan.

Guru yang efektif dalam menggunakan media dapat meningkatkan minat siswa dalam proses belajar mengajar dan siswa akan lebih cepat dan mudah memehami dan mengerti materi pelajaran yang disampaikan guru.


  1. FUNGSI DAN NILAI MEDIA

Ada empat fungsi pokok dalam proses belajar mengajar yaitu;

        1. Alat Bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif.

        2. Merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar. Ini berarti bahwa media merupakan salah satu unsure yang harus dikembangkan guru.

        3. Meningkatkan dan mempertinggi mutu belajar.

        4. Membantu untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian dan pemahaman dari proses pembelajaran yang siberikan guru.

Disamping empat fungsi di atas penggunaan media dalam proses belajar mengajar mempunyai nilai – nilai seperti di bawah ini:

  1. Dengan media dapat meletakkan dasar – dasar yang nyata untuk berfikir, oleh karena itu dapat mengurangi terjadinya verbalisme.

  2. Dengan media dapat memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar.

  3. Dengan media dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar sehingga hasil belajar lebih mantap.

  4. Memberikan pengalaman yang nyata dan dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri pada setiap siswa.

  5. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan.

  6. Membantu tumbuhnya pemikiran dan membantu kemampuan berbahasa.

  7. Memberikan pengalaman yang tak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu berkembangnya efisien dan pengalaman belajar yang lebih sempurna.


    1. MACAM – MACAM MEDIA

Ada beberapa media yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar,antara lain:

  1. Media yang dapat dilihat

Media yang dapat dilihat ini berupa alat peraga dua dan tiga dimensi, antara lain adalah:

    1. Bagan

Bagan ialah gambaran dari sesuatu yang dibuat dari garis dan gambar.

    1. Grafik

Grafik adalah gambaran data berangka, bertitik, bergaris, bergambar yang memperlihatkan hubungan timbale bali kinformasi secara statistik.

    1. Poster

Poster merupakan penggambaran yang ditujukan sebagai pemberitahuan, peringatan maupun penggugah selera yang biasanya berisi gambar – gambar.

    1. Gambar mati

Sejumlah gambar, foto, lukisan, baik dari majalah, buku, koran atau dari sumber lain yang dapat digunakan sebagai alat bantu pengajaran.

    1. Peta

Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang mewujudkan ukuran dan kedudukan yang kecil dilakukan dalam garis, titik dan lambang.

    1. Benda – benda konkret

Semua benda yang dapat dijadikan penunjang tercapainya tujuan pembelajaran dan dapat dilihat dari berbagai arah misalnya buah – buahan, kubus, kerucut, bola, batu, kelereng dan sebagainya.

  1. Media yang dapat didengar, misalnya tape recorder.

  2. Media yang dapat dilihat dan didengar, media ini dapat berupa televisi, laptop.


Daftar Pustaka

Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ahmad Sabri. Quantum Teaching. Ciputat. 2007



Label:

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home